Sabtu, 18 Januari 2014

Spesies baru : "Cabe-Cabean"

Source

Di Indonesia yang kaya akan kata slangnya, sewaktu menjelang tahun 2014 sampai sekarang, ada yang lagi nge-hits banget lho selain Farhat Abas. Setelah "spesies" narsis, alay, jablay, dan lebay, muncul lagi nih satu yang baru. Hebatnya, "spesies baru" yang disinyalir hasil perkawinan silang Alay dan Narsis ini bisa menyaingi sensasinya Om Farhat. Heboh dan menjadi tren mutakhir di kalangan remaja saat ini. Namanya, Cabe-cabean.

Istilah terbaru ini tidak jelas siapa yang mempopulerkannya dan juga apa pengertian resmi dan baku dari "spesies" ini. Istilah cabe-cabean tiba-tiba saja menyebar secara virtual dan dikenal karena dianggap mencerminkan sejumlah remaja sekarang. Umumnya, cabe-cabean ini digunakan untuk menggambarkan gadis belia yang biasanya berperawakan seksi, berprilaku serba nyeleneh, dan identik dengan keluyuran malam hari, dunia balap liar, dan tempat hiburan malam.

Sebenarnya kata 'cabe' di sini merupakan singkatan dari 'cewek alay bisa ehem'. Gadis cabe-cabean ini sering dikaitkan dengan cewek ABG usia SMP sampai SMA yang biasanya terlibat dalam sebuah balapan liar. Mereka sih tidak ikut dalam balap liar itu, tapi kehadiran mereka di sana terkadang justru dijadikan sebagai bahan taruhan. Cabe-cabean yang sering nongkrong di arena balap liar, biasanya memiliki beberapa motif, ada yang ingin mencari cowok keren plus motor kerennya, ada yang cuma sebagai hiburan, adapula yang memang suka dan tertarik dengan balap liar.

Istilah cabe-cabean sendiri pertama kali muncul di Jakarta, yang akhirnya berkembang dan menyebar ke berbagai daerah. Tempat nongkrong cabe-cabean ini sendiri juga berkembang. Tidak melulu di arena balap liar saja, tapi juga bisa di bengkel-bengkel motor modifikasi, atau di tempat-tempat nongkrong yang lagi hits.

Kelakuan para cabe-cabean ini sebenarnya sudah membuat prihatin masyarakat karena para gadis belia yang seharusnya memperhatikan sekolah dan belajar dengan baik malah memaksakan tren yang tak patut. Dan mereka harus segera diselamatkan. Sampai-sampai rapper muda bernama Young Lex (21 tahun) menggugah tentang kategori cabe-cabean di situs Youtube.

Ada 10 ciri yang masuk sebagai kategori cabe-cabean. Yaitu memakai behel untuk bergaya, malam Minggu memakai make up, boncengan motor bertiga atau bahkan berempat plus suka kebut-kebutan, segala sesuatu harus update dan kalau ke sekolah memakai rok di atas perut, punya 3B (Behel, Blackberry, Black Menthol a.k.a mereka ngerokok), sering teriak cabe seperti maling teriak maling, dandan pake dress juga high heels tapi perginya ke pasar malam, kalau pacaran di jembatan atau fly over, tidak terima keadaan jadi suka pakai efek kamera 360, yang terakhir sih memakai baju ketat plus celana pendek saat naik motor.

Young Lex sendiri memelopori adanya #prayforCABECABEan di Twitter. Versinya, cabe-cabean merupakan sesuatu yang sangat fenomenal.

Source: Koran Minggu Pagi No 41 TH 66 Minggu II Januari 2014 (dengan sedikit banyak perubahan)

(Azka)

1 komentar:

  1. Sorotan yang menarik, fenomena baru memang tidak pernah berhenti di Indonesia...

    PSC Indonesia - Spesialis Media Pembelajaran Interaktif Yogyakarta
    Telp. 0815 797 4549
    BB. 7585807C
    www.pscindonesia.com

    BalasHapus